Agenda
26 October 2014
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8

Asal Mula Teater SMANZA

Pada tahun 2000 yang lalu tepatnya tanggal 4 September, ekskul seni peran ini mulai didirikan di sekolah kita oleh Ibu Lilis Nurahmatin yang pada masa itu beliau menjabat sebagai seorang Pembina Kesiswaan. Selain menjadi Pembina Kesiswaan, pada tahun tersebut beliau juga sekaligus menjabat sebagai pembina ekskul Teater di sekolah kita, dan didampingi oleh Pak Gugum sebagai pelatihnya.

Ekskul Teater ini didirikan agar dapat merekrut dan menyalurkan siswa yang mempunyai bakat dan kemauan di bidang seni peran. Alhasil, teater Smanza pada masa itu terdiri dari 40 anggota.

Selain itu, di ekskul ini juga pernah mengalami pergantian pembina. Yang pada mulanya dibina oleh Ibu Iis Nurahmatin, menjadi beralih kepada Ibu Titin Fatimah dengan sebuah nama ‘Teater Carbit’. Namun pada saat ini, pembina teater sekolah kita ini diserahkan kembali kepada  Ibu Lilis Nurahmatin dengan sebuah nama ‘Teater 49’.

 

Teater 49 (Saat Ini)

Tahu nggak, kenapa ekskul teater sekolah kita sekarang ini diberi nama ‘Teater 49’? Hayoo, bisa jawab gak nih? (nyerah aja, deh! Hhaa).

Ternyata eh ternyata mengapa ekskul teater di SMA Negeri 1 Manonjaya  saat ini diberi nama ‘Teater 49’, dikarenakan ekskul teater di sekolah kita ini didirikan pada tanggal 4 bulan 9(tanggal 4 bulan September). Oleh karena itu, diberi nama ‘Teater 49’.

 

 Wahana teater di SMA kita ini cukup tua loh guys. Dibentuk 5 tahun setelah SMA N 1 Manonjaya berdiri, tepatnya tanggal 4 bulan September. Eeh tau gak ? wahana teater ini sempat beberapa kali ganti nama. Nama awal terbentuknya wahanateater ini adalah teater 49 (Kenapa dinamai teater 49 ya ??..ooh karena wahana ini berdiri tanggal 4 bulan 9). Namun pada periode tahun 2007-2009 namanya menjadi teater carbit alias comunitas barudak teater, selain itu carbit itu sendiri diambil dari istilah biar buah cepet matang sok di karbit. Teater ini jugaseperti itu kalau ada lomba-lomba suka tiba-tiba jadi latihannya di geredegkeun kalau bahasa gaulnya mah hehe.  Dan nama wahana teater yang sekarang kembali lagi deeh kenama yang awal, teater 49.

Teater 49 ini sering banget ikutan lomba-lomba, karena uda masuk program kerja juga sih katanya. Untuk prestasi wahana teater 49 ini jangan di tanya deh, uda banyak banget juara yang mereka raih. Diantaranya Juara ke 2 drama musikalisasi puisi dan juara 1 dalam hal musik sejawa barat yang diselenggarakan di Universitas Galuh Ciamis. Dan yang paling mengagumkan yaitu juara umum pasanggiri drama dongenging dongeng di Bandung. Selain ikutan lomba teater 49 ini juga sesekali melakukan pementasan untuk umum, seperti yang dilakukan beberapa bulan yang lalu di gedung Balai desa Manonjaya yang cukup sukses.

Eeh guys kita belum kenalan niih sama sosok ketua wahana teater ini, siapa ya ??

Nama                         : Nidya Silviani Kh

Kelas              : XII IPS 3

T.T.L               : Tasikmalaya, 17 September 1994

Alamat            : Jl. Cikondang Cineam

Hobby                        : Nyanyi

Cita-cita kaka yang cantik ini ingin jadi orang sukses aja deeh katanya. Dan untuk seluruh anggota teater 49 Kaka Nidya ini berpesan “Harus ada kesadaran dari setiap anggota untuk mengikuti latihan dan saling bahu membahu untuk memajukan organisasi kita ini”. Ooh ya gimna tanggapan anggota yang lain untuk ketuanya ya ?? niih beberapa tanggapan mereka :

  • Rani (XI-IPA 2) : Nidya itu bageur teuing, tapi tidak dapat mengambil keputusan dengan cepat aja.
  • Riza (XI-IPA 1) : menurut saya sih sudah cukup bagus deh, tetapi agak kurang komunikasi dengan anggota yang lainnya.

Sekalian nih sobat Sor@Manza beberpa foto-foto teater baik sedang latihan atau sedang pementasan...